Cara Menyelesaikan Hutang Kartu Kredit


Kehadiran kartu kredit mampu menggantikan fungsi uang fisik untuk melakukan transaksi pembayaran. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, banyak orang yang memilih menggunakan kartu kredit. Dengan memiliki kartu kredit kita tidak harus membawa uang cash. Apalagi membawa uang cash dengan jumlah banyak di kota besar sangat rawan sekali terhadap kriminal. Oleh karena itulah mungkin banyak orang di kota-kota besar memilih menggunakan kartu kredit. Namun penggunaan kartu kredit ada sisi negatifnya juga. Sisi negatif tersebut adalah kegiatan berbelanja menjadi semakin tidak terkontrol dan akhirnya banyak orang terlilit hutang kartu kredit. Sebenarnya cara menyelesaikan hutang kartu kredit bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Namun seringkali orang itu sendirilah yang membuat sulit karena satu dan lain hal. Berikut ini beberapa cara menyelesaikan hutang kartu kredit yang mungkin bisa anda lakukan.

Cara Menyelesaikan Hutang Kartu Kredit



1. Tahan Penggunaan Kartu Kredit Sementara Waktu


Penting bagi anda untuk menahan dahulu penggunaan kartu kredit sementara waktu sebagai cara menyelesaikan hutang kartu kredit. Mungkin memang dengan menahan penggunaan kartu kredit sementara waktu bukan berarti bunga tagihan akan berhenti. Akan tetapi setidaknya bunga dan jumlah total tagihan tidak bertambah dan membuat hutang kartu kredit anda semakin menggendut.

2. Buat Skala Prioritas Pelunasan Hutang Kartu Kredit


Hal ini dilakukan sebagai cara menyelesaikan hutang kartu kredit bagi anda yang memiliki lebih dari satu buah kartu kredit. Jika anda memiliki lebih dari satu kartu kredit yang semuanya menunggak hutang, lunasilah kartu kredit yang memiliki nominal terbesar dahulu. Atau mungkin anda juga bisa melunasi tunggakan hutang kartu kredit yang nominalnya kecil terlebih dahulu. Prioritas itu bisa anda lakukan sesuai dengan kondisi keuangan yang anda miliki untuk menyelesaikan hutang kartu kredit tersebut.

3. Menjual Aset


Jika anda memiliki aset seperti tanah, rumah atau yang lainnya, sebaiknya jual dahulu untuk mendapatkan dana segar sebagai cara menyelesaikan hutang kartu kredit. Aset-aset tersebut masih bisa anda dapatkan di kemudian hari dengan bekerja keras. Tentunya jika tidak memiliki beban hutang kartu kredit, anda akan menjadi lebih rileks dalam pekerjaan sehingga bisa mendapatkan uang untuk kembali memiliki aset-aset tersebut.



Comments

Popular posts from this blog

Doa Menghadapi Kesulitan Membayar Hutang